Polisi Selidiki Terbakarnya Gudang Milik Jokowi

Posted by headlinenews 0 komentar
Sejumlah petugas pemadam kebakaran, berusaha memadamkan api yang berkobar di pabrik mebel PT Rakabu, Solo, Jateng, Kamis (26/7). Kebakaran yang melanda pabrik mebel milik keluarga Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) tersebut, diperkirakan menyebabkan kerugian hingga 400 Juta Rupiah. ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Tim laboratorium forensik Kepolisian Daerah Jawa Tengah masih menyelidiki penyebab kebakaran di gudang milik perusahaan keluarga Wali Kota Surakarta Joko Widodo. Mereka melakukan olah tempat kejadian perkara yang berada di Pabelan, Sukoharjo, Sabtu 28 Juli 2012.

Tim tersebut terdiri dari empat polisi yang dipimpin oleh seorang perwira. Mereka memeriksa lingkungan gudang yang terbakar selama hampir dua jam. “Mereka juga membawa sejumlah benda untuk diteliti,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Sukoharjo, Ajun Komisaris Andis Arfan Taufani.

Menurut Andis, barang yang dibawa berupa boks panel listrik, instalasi kabel serta abu bekas kebakaran. “Benda-benda itu akan diperiksa di laboratorium untuk memastikan penyebab kebakaran,” katanya.

Hanya saja, belum ada kepastian kapan hasil penyelidikan itu akan keluar. mereka belum bisa memperkirakan penyebab terjadinya kebakaran. Andis menolak menjawab saat ditanya kemungkinan adanya unsur kesengajaan maupun politis. “Menunggu hasil laboratorium,” katanya.

Hingga saat ini, polisi telah memeriksa delapan orang saksi yang terdiri dari karyawan, penanggung jawab gudang dan pemilik gudang. Dari keterangan saksi, diduga penyebab kebakaran itu disebabkan oleh hubungan pendek kabel listrik. Sebab, instalasi listrik yang ada di gudang itu sudah berumur cukup tua. “Tapi ini baru dugaan yang didapat dari keterangan saksi,” kata Andis.

Kepala Kepolisian Sektor Kartasura, Ajun Komisaris Fachrul Sugiarto, total kerugian akibat terbakarnya dua gudang itu mencapai Rp 1 miliar. “Nilai mebel yang terbakar mencapai Rp 300 juta,” katanya. Sedangkan kapas dan kain perca yang ada di satu gudang lain nilainya sekitar Rp 400 juta. Nilai gudang yang terbakar ditaksir juga mencapai Rp 300 juta.

Seperti diberitakan, kebakaran hebat melanda dua gudang yang berada di Pabelan, Kartasura pada Kamis lalu. Salah satunya ditempati oleh PT Rakabu yang merupakan milik Jokowi. Sedangkan gudang satunya ditempati oleh PT Kapas Jaya yang juga milik kerabat dekat Jokowi. "PT Rakabu hanya menempati gudang itu dengan cara menyewa,” kata Andis.

Api mulai berkobar pukul 12.30 WIB saat para karyawan sedang istirahat siang. Api baru padam pukul 15.00 WIB saat barang-barang di dalamnya sudah habis. Belasan mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api.
sumber : tempo.co
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Polisi Selidiki Terbakarnya Gudang Milik Jokowi
Ditulis oleh headlinenews
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://headline-news-89.blogspot.com/2012/07/polisi-selidiki-terbakarnya-gudang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Headline News.